Jumat, 25 November 2016

Nice Homework 6 Matrikulasi IIP JKT Batch#2 "Ibu Manager Keluarga Handal"

Bismillahirrokhmanirrokhim.........

NICE HOMEWORK #6

BELAJAR MENJADI  MANAJER KELUARGA HANDAL

Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal.

Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu

 RUTINITAS

Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita _Merasa Sibuk_sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :

1⃣ Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

2⃣Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

3⃣Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

4⃣Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

5⃣Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

6⃣Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

7⃣Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

SELAMAT MENGERJAKAN

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Berikut tentang saya NHW 6 ^_^

3 aktiftas yang menurut saya penting (aktifitas dinamis) :
1. Membaca Buku
2. Menulis aktifitas belajar (blog, catatan pribadi)
3. Belajar bersama si baby ( Bunda Sayang )

3 aktifitas yang menurut saya tidak penting :
1. Online di dunia maya setiap jam, mencari, atau melihat informasi yang menarik tapi tidak penting, yang akhirnya membuat aktifitas lain terbengkalai.
2. Tidur siang, terkadang tidur siang menjadi aktifitas yang menurut saya tidak penting, karena waktu jam siang saya habis untuk tidur, dan saat bangun si baby juga bangun, dan akhirnya saya tidak melakukan kegiatan apa pun saat siang hari. Jadi tidak manfaat.
3. Mengobrol tidak penting

Program tentang saya yaitu  "Ten to Seven"

Jadi untuk menuju 10.000 jam terbang saya mendedikasihkan diri saya untuk belajar, mengasah skill, melakukan aktifitas dinamis selama 9 jam/hari dimulai dari jam 10 - jam 07 malam untuk menguasai  bidang ilmu yaitu Pendidikan Keluarga, Ibu, dan anak.

Aktifitas rutin saya mulai pukul 05.30, karena aktifitas setelah subuh saya membaca alquran dan menyempatkan ngbrol dulu bersama suami. aktifitas rutin dari jam 05.30 - 10.00 selesai (belanja, masak, siapin bekal, mandiin si baby, nyuci, berisih - bersih, makan pagi). Jam 10.00 pekerjaan rutin  sampai suami berangkat kerja selesai.

Kemudian saya akan melakuakan aktifitas dinamis "Ten to Seven", 0 KM pada tahun pertama ini telah dimulai yaitu belajar tentang "Bunda Sayang + Membangun Keluarga" Pada 1 bulan pertama saya akan belajar tentang visi misi keluarga, dan bulan berikutnya saya akan belajar all about Bunda Sayang..

Karena tanggal 26 November ini saya mengikuti FBE2 Fitrah Keluarga _ Familly Mission and Strategic Planning bersama bpk Harry Santosa, Bpk Dodik, dan Bpk Muhammad Firman,  sebagai materi pertama saya Membangun Keluarga untuk meenentukan Visi Misi Keluarga kami, dan juga sebagai invest keluarga kami di masa depan mencari Ridho Illahi.

Semangat Ten to Seven ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar