Jumat, 18 November 2016

Nice Homework 5 Matrikulasi IIP JKT Batch#2 "Belajar Bagaimana Caranya Belajar"

 Bismillahhirokhmanirrokhim.....


NICE HOMEWORK #5
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH #2


📝 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*📝 
(Learning How to Learn)
Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.
Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.
Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.
Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi IIP/

Kali ini saya akan belajar Design Pembelajaran Ala Saya, 
mengerti dan memahami cara belajar saya ^^

Cerita sedikt, 
Dari sewaktu SD hingga masuk Perguruan Tinggi cara belajar saya adalah cara belajar ala saya, "mencatat" setiap kali mendekati hari H ujian, yang saya lakukan adalah mencatat kembail, atau meringkas pelajaran2 yang akan diujikan, kemudian memahami satu per satu yang saya tulis, terkadang saya bisa menulis ulang hingga 2x untuk memahami dgn benar.
Saya bukan type orang yang jago dalam menghafal, bisa di bilang Lola kalau suruh hafalan.... Tapi saya lebih suka memahami dari materi2 yang diberikan, meskipun terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama juga, tapi menghafal justru membuat saya gugup, lebih baik saya mengingat bab 5 saya tulis di kertas sebelah kanan atau kiri dengan awal tulisan "belajar" dan kemudian saya teruskan dengan ide saya. Dan dengan cara begitu saya tetap mendapat nilai yang baik..
Jadi itu termasuk golongan gaya belajar apa ya? audio? visual? apa kinestetik? ^_^

Oke, lanjut "Design Pembelajaran Ala Saya"

Pada tahun pertaman di KM 0 pada tanggal 23 November 2016, saya akan merancang pembelajaran untuk menuju target di KM 1 pada tanggal 23 November 2017.

1. Materi
Materi saya dapat dari seminar - seminar dan tentunya materi dari program Matrikulasi IIP ini, dan dari buku - buku yang mendukung target pembelajaran saya.


2. Tulis
Mencatat atau menulis semua hasil atau inti dari materi bisa di buku catatan atau noted app,

3. Pahami

Memahami materi membuat saya lebih mengerti mendalam dan mengembangkan materi yang saya dapat untuk menuju realisasi.

4. Publikasikan
Ilmu akan lebih bermanfaat jika dapat di bagi dengan banyak orang bukan?? sekaligus mendokumentasikan hasil belajar saya ntah itu dari seminar atau matrikulasi IIP, sehingga dapat bermanfaat juga bagi orang lain yang membaca.

5. Realisasikan
Ilmu tidak akan berguna, dan tidak akan manfaat bagi diri kita jika tidak di praktikan bukan?? ^^ dan akan saya buat untuk menjadi kenyataan.. 

6. Evaluasi 
Evaluasi penting untuk menentukan telah berhasil tidak nya materi telah mengubah hidup saya.

Semangaaat Belajaaaaarrr ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar