Rabu, 19 Oktober 2016

Resume Materi 1 IIP JKT Batch #2 "Adab Menuntu Ilmu"

Bismillahhirrokhmanirrokhim....

ADAB tidak bisa diajarkan, ADAB hanya bisa ditularkan #Institut Ibu Profesional

Pukul 20.00 WIB, setelah selesai masak malam untuk si hubby, minta ijin mau kuliah dulu 60 menit. ^^ Diskusi via grup whatsapp di buka oleh koordinator mingguan, yang kemudian mulai satu per satu pertanyaan di ajukan ke fasilitator, dan di bawah ini adalah resume tanya jawab Adab Menuntut Ilmu dari mba Yulmi :

TANYA JAWAB
1⃣ Penanya: Mbak Rita
Pertanyaan:
Apakah etika tanya jawab pada saat matrikulasi pun diatur atau mengalir saja pada saat ada penjelasan.
Satu lagi apakah adab belajar ini juga masuk pada ranah evaluasi pembelajaran. Sejauh mana kiranya peserta mengikutinya.
Jawaban:
Di dalam kelas matrikulasi kita belajar bersama. Dalam belajar bersama maka bisa saling mengingatkan dan menguatkan. Tentunya untuk kenyamanan bersama secara teknis akan lebih nyaman jika diatur terutama saat diskusi materi agar tidak terlewat.
Menuntut ilmu dilakukan hingga liang lahat jadi ini hanyalah sedikit bekal untuk kita menimba ilmu yang lebih luas lagi.
Evaluasi utk pembelajaran akan dilihat dalam setiap NHW yg dikumpulkan setiap minggunya. Ilmu akan semakin lekat jika dituliskan.
2⃣  Penanya: Mbak Nurbaiti
Pertanyaan:
Sy kan pernah mengajar di sebuah sekolah. Tp skrg sdh resign tapi masih ngajar privat.
Nah selama sy ngajar privat. Banyak pengalaman. Cerita anak2 ttg bagaimana gurunya. Sikap gurunya kurang pas dgn profesi mulianya itu.
Pertanyaan sy. Bagaimana cara mengajarkan sikap beradab kepada guru yg sikpanya kurang pas itu.
Jawaban:
Anak adalah peniru ulung, terutama pada usia di bawah 7 tahun. Saat mendapati anak yang mengeluhkan sikap gurunya maka ajaklah anak untuk mengevaluasi, apakah menurutnya hal tsb baik dilakukan atau tidak.
Jika kita yg menemukan pengajar yg kurang baik utk dicontoh, maka dekatilah. Ajak melakukan evaluasi dan berikan contoh nyata. Lakukan pendekatan yg tdk akan membuat orang tsb merasa dipermalukan atau direndahkan
3⃣  Penanya: Mbak Nina Anggita
Pertanyaan:
bgmn adab dlm mempelajari ilmu, apakah mempelajari fokus 1 ilmu sampai mendalam dan menjadi ahli baru mempelajari ilmu lainnya , atau mempelajari bbrp ilmu sekaligus namun hanya mengerti dasar2nya?
Jawaban:
Ilmu di muka bumi sangatlah luas. Untuk memahaminya perlu dikunyah sedikit demi sedikit. Seperti saat kita dibombardir dengan banyaknya informasi, informasi yang masuk biasanya hanya selintas lalu. Materi lebih baik dipahami sedikit demi sedikit namun pemahamannya bisa mendalam.
4⃣ Penanya: Mbak Ayu
Pertanyaan:
1. Bagaimana seharusnya sikap dan kiat2 seorang guru agar selalu bisa dihormati dan dihargai serta didgrkan apa yg disampaikannya di tengah peradaban bumi yg semakin tdk kenal sopan santun. Miris melihat berita ada murid memukul/melukai guru. Pendekatan seperti apa yg harus dilakukan guru agar lbh "menyatu" dgn muridnya.
2. Bolehkah memberi hadiah (dlm bentuk barang) kepada guru (khususnya wali kelas) sebagai ucapan terima kasih telah menemani/menuntun murid (anak kita) dlm belajar misalnya pd saat kenaikan kelas. Apakah hal ini dibenarkan dlm peradaban menuntut ilmu?
Jawaban:
A. guru ataupun orang tua adalah teladan pertama bagi anak-anak kita. Anak-anak mungkin seperti tidak mendengarkan ucapan kita namun mereka sesungguhnya merekam setiap kejadian yang dialami. Anak-anak adalah peniru ulung. Luangkan waktu utk evaluasi bersama antara guru dan murid.
B. Memberikan tanda terima kasih kepada guru adalah bentuk penghormatan kita akan ilmu yang sdh kita terima. Bentuknya bisa bermacam-macam. Utamanya adalah dgn kita menghornati guru maka diharapkan guru akan ridho dgn ilmu yg diajarkannya 
5⃣ Penanya: Mbak Efiaty
Pertanyaan:
Terkait dg poin "adab terhadap sumber ilmu" salah satunya adalah kita hrs bersikap 'sceptical thinking', mohon penjelasan detailnya seperti apa ya?
Jawaban:
Sumber ilmu atau informasi sangat banyak, namun informasi mana yg harus kita yakini perlu dicari tahu. Tidak serta merta menelan semua gempuran informasi. Cari sumbernya, tabayun terlebih dahulu. Pun dalam menyebarkan ilmu kita harus punya sumber yang jelas.
6⃣  Penanya: Mbak Dila
Pertanyaan:
Bagaimana adabnya kalo bertanya dalam majlis Ilmu nanti?
Jawaban:
adab menimba ilmu secara umum sama. Sebagai contoh di kelas matrikulasi ini teman-teman akan diajak untuk mencerna materi bersama-sama. Saling tolong menolong dalam kebaikan.
Untuk kenyamanan bersama telah dibuat aturan bagaimana alur berjalannya diskusi yg harus ditaati bersama.
7⃣  Penanya: Mbak Nastaiena
Pertanyaan:
1. Bagaimana caranya mangajarkan dan menanamkan adab menuntut ilmu kepada anak yang masih balita?
2. Bagaimana cara komunikasi kepada anak yang masih berumur 2 tahun - 3,5 tahun untuk menanamkan adab tersebut ya?
Jawaban:
sdh terjawab di no 4⃣
8⃣  Penanya: Mbak Tiny
Pertanyaan:
1.Kadang kita suka berbagi ilmu yg kita punya, tapi suka lupa ngasih sumbernya(guru kita) baiknya gimana?
2. Kalo misalnya kita ketemu temen yg hebat dan kita bertanya soal ilmu yg dia punya atau kita minta diajarin tapi dia stengah2 ngasih infonya dan saya misalnya pengen belajar dari gurunya tp dia ga ngasih tau belajar dimana terus sikap saya harus bagaimana?
Jawaban:
penyebaran info perlu disertai sumber. Agar ketika nanti menyebar luas, penerima informasi bisa tabayyun ke sumber ilmu. Selain itu juga menunjukkan penghargaan kita kepada guru/penulis info.
Yang kedua, sebaiknya kita mencari komunitas yang memiliki value yang sama, sehingga memiliki pola belajar yang sama.
Apabila value belajarnya berbeda, akan lbh ahsan jika ditanyakan terlebih dahulu apakah sumber ilmu bersedia berbagi informasi. Jika sedari awal sdh tdk bersedia, berarti tugas kita utk mencari sumber ilmu lainnya😊
9⃣ Penanya: Mbak Aini
Pertanyaan:
Pada umumnya para penuntut ilmu merasa cukup dengan ilmu yg sudah dimiliki tanpa mengamalkannya, selain mengetahui adab menuntut ilmu bagaimana cara atau kiat kiat apa saja yang bisa dilakukan bagi para penuntut ilmu agar ilmu yg didapat bisa selalu diterapkan dan diamalkan (terutama dalam kehidupan sehari hari & dilingkungan sekitar)?
Jawaban:
Kiatnya; praktek, praktek, praktek. Sedikit demi sedikit dan konsisten
1⃣0⃣ Penanya: Mbak Febry:
Pertanyaan:
1.Ini kan ttg adab murid ya. Nah d sna ad ttg, adab terhadap sumber ilmu. Point 1 dan 2 saya msh blm paham.
2. kan penuntut ilmu harus mendapat ridha dari guru. Apabila, kita sbg murid melihat ada yg tidak kita suka dri guru tersebut(guru tersebut suka membanding2kan). Apa yg harus kita lakukan?
Jawaban:
Adab thdp sumber ilmu:
A. Contoh paling mudahnya adalah kitab Al quran. Saat kita menuntut ilmu dr al quran, kita sadar bahwa al quran harus diletakkan ditempat yg tinggi (ditinggikan)
B. Menggunakan referensi dr sumber bajakan contohnya. Lebih baik menabung sedikit-sedikit utk membeli buku asli daripada membeli bajakannya. Ilmu memang mahal dan itulah salah satu cara meraihnya.
Untuk pertanyaan kedua, apakah kita pernah memberikan feedback yg membangun? Berikan masukan kepada guru secara personal dan lakukan dgn tdk merendahkan guru tersebut.
1⃣1⃣  Penanya: Mbak Sari 1
Pertanyaan:
Dijelaskan mengenai adab pada diri sendiri, kita sebaiknya ikhlas menerima semua ilmu yang akan diberikan, dan adab terhadap guru adalah kita harus menyimak dan memperhatikan semua yg guru berikan dengan baik. Pertanyaannya : Bagaimana jika kita tidak hanya belajar pada satu guru, dan antara guru satu dan guru lainnya berbeda pendapat? Apakah kita harus memilih salah satu dari guru tersebut, atau kita tetap bisa belajar dari keduanya sambil menyaring sendiri ilmu mana yang mau diambil dari masing2 guru?
Dan bolehkah kita meluruskan ajaran guru yang satu dengan ajaran guru yang lain?
Jawaban:
mungkin contoh paling dekatnya di ajaran agama islam adalah adanya bbrp imam yang mazhabnya berbeda-beda. Selama perbedaan ilmunya tdk melanggar sumber ilmu utama (al quran dan hadis) maka semuanya layak dipelajari. Berbeda boleh namun membandingkan tdk akan bisa apple to apple. Maka ilmu mana yg diyakini, itulah yg dijalani secara konsisten.
1⃣2⃣  Penanya: Mbak Widya 1
Pertanyaan:
Adab sumber ilmu dijelaskan agar tidak membeli buku bajakan. Bagaimana kita menyikapinya krn disatu sisi penjualan buku bajakan dilakukan online? Krn harga buku bajakan jauh lebih murah dibandingkan buku asli apalgi utk buku2 sience.
Jawaban:
Lebih baik menabung dulu untuk membeli yang asli
1⃣3⃣  Penanya: Mbak Poppy
Pertanyaan:
1. Kapan saat yg tepat menularkan adab menuntut ilmu kepada anak2? Usia masuk sekolah atau dari saat balita?
2. Bagaimana peran suami dalam membantu menularkan adab ini kepada anak2?
Jawaban:
A. Adab menuntut ilmu dikenalkan sedari kecil dgn memberikan contoh. Ingat anak peniru yg ulung. Dengan melihat orang tuanya maka lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang baik.
B. Rasanya ini tugas semua orang dewasa di sekitar anak-anak kita. Ayah dan bunda pasti menjadi teladan utama anak-anak
1⃣4⃣ Penanya: Mbak Widya 2
Pertanyaan:
bagaimanakan adab yg baik terhadap sumber ilmu berupa artikel media online? seperti artikel pada website parenting dll..
Jawaban:
tuliskan sumbernya saat disebarkan. Tabayun dengan isi artikelnya.
1⃣5⃣  Penanya: Mbak Sari 2
Pertanyaan:
1. Nah karena materinya ttg menuntut ilmunya, adab menuntut ilmu ini, yg bikin siapa?
Apakah tim penyusun materi matrikulasi, atau ada di buku teori apaa gitu?
Gampangnya, apakah adab menuntut ilmu di "forum/komunitas" lain akan sama atau tidak ya dengan adab menuntut ilmu yg kita pelajari ini
Kaitannya lebih luas, dalam menentukan adab suatu hal di keluarga kita: apakah kita bermusyawarah, value apa yg mau dibentuk
Ataukah adabnya baku, jd kita tinggal cari referensi.
2. dalam mengajarkan adab menuntut ilmu pada anak2, jika kita menanamkan sikap menerima sepenuhnya ilmu dari guru, sebagian berpendapat anak2 akan menjadi tidak kritis dan tidak kreatif dalam mencari ilmu, itu bagaimana ya? disatu sisi kita ingin anak kita menjadi anak yg beradap, tapi disisi lain kita juga ingin anak kita kritis dan kreatif dalam berpendapat.
Jawaban:
Ini referensinya mbak;
Turnomo Raharjo,
Literasi Media & Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi, Jakarta, 2012.
Bukhari Umar, Hadis Tarbawi (pendidikan dalam perspekitf hadis), Jakarta: Amzah, 2014, hlm. 5
Muhammad bin sholeh, Panduan lengkap Menuntut Ilmu, Jakarta, 2015
2. Anak-anak menyerap ilmu seperti spons. Terkadang yg terlupakan adalah membimbing anak utk menimbang baik buruknya dari ilmu yg didapat. Disinilah peran kita sbg orang tua utk mengasah kemampuan skeptis anak dlm mengolah informasi
PERTANYAAN TAMBAHAN
1⃣6⃣ Penanya: Mbak Ratna
Pertanyaan:
Menuntut ilmu adalah usaha yg dilakukan seseorang utk mengubah perilaku dan tingkah laku ke arah yg lbh baik.
Pertanyaannya: bedanya perilaku dan tingkah laku?
Jawaban:
Apa perbedaan perilaku dan tingkah laku? Tingkah laku adalah tindakan suatu organism yang dapat diamati dan bahkan dapat dipelajari. (Ribert Kwick, 1974)
Sedangkan Secara umum perilaku manusia pada hakekatnya adalah proses interaksi individu dengan lingkungan sebagai manifestasi hayati bahwa dia adalah makhluk hidup.
Tingkah Laku adalah tindakannya, perilaku adalah proses interaksinya.
Sumber: Agustina Dwi Herawati. Perkembangan Psikologi✅
1⃣7⃣ Penanya: Fina
Pertanyaan:
Bgmn adab menuntut ilmu utk anak berkebutuhan khusus? Krn mereka bukan sengaja utk tdk hormat, namun ada hal2 lain spt tantrum ataupun kesulitan lainnya shg mereka pun kesulitan utk beradab dlm menuntut ilmu spt anak normal lainnya.
Jawaban:
Menularkan adab setahap demi setahap disesuaikan dengan perkembangannya. Ada seorang ibu yg bisa mendampingi ABK hingga berperan layaknya anak normal, bahkan secara perasaan, mereka bisa lebih mendalam✅
1⃣8⃣ Penanya: Titin
Pertanyaan:
jika suatu informasi itu bener, g hoax, boleh g kita sebarin? Contohnya info art yg suka nyuri, tiramisu yg ada cicaknya atw pegawai swalayan yg mesum atw curang. Dilema jg, mbak. Soalnya kan manusia bs bertobat g ngulangin perbuatannya. Smntara klo sdh tersebar via medsos itu akan abadi bs diakses kapanpun
Jawaban:
ada beberapa hal yg perlu kita kuatkan dalam penerimaan dan penyebaran sebuah tulisan di sosmed
  1. Ketemu tulisan yg isinya baik ➡ cari sumbernya ➡ cantumkan sumber ➡share ➡ masuk kategori berita *Baik dan Benar*
  2. Ketemu tulisan yang isinya baik ➡ cari sumbernya ➡ tidak ketemu sumber ➡ STOP jangan disebar ➡ masuk kategori berita *baik belum tentu benar*
Yang paling aman adalah
*MENULIS CERITA SENDIRI BERDASAR PENGALAMAN*
Hal ini menjadi info sangat valid, karena kitalah yg mengalaminya. Sehingga tak terbantahkan.✅
*Septi Peni Wulandani*

Berikut adalah sesi diskusi yang berakhir pukul 21.00 wib, dan keesokan pagi nya di Nice Home Work 1 IIP JKT BAtch #2 "Adab Menuntut Ilmu"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar