Senin, 24 Oktober 2016

Diskusi NHW 1 Matrikulasi IIP JKT Batch #2 "Adab Menuntut Ilmu"

Bismillahhirrohmanirrokhim.....


INSANITY : DOING THE SAME THINGS OVER AND OVER AGAIN,AND EXPECTING DIFFERENT RESULT - Albert Einstein
Pukul 20.00 tadi malam di buka dengan pertanyaan dari mb Sari :
"JURUSAN ILMU YANG KITA TENTUKAN DENGAN SEBUAH KESADARAN TINGGI DI UNIVERSITAS KEHIDUPAN INI, AKAN MENDORONG KITA UNTUK MENEMUKAN PERAN HIDUP DI MUKA BUMI INI.


Ada sedikit pertanyaan saya. Disetiap detik kehidupan kita pasti ada ilmu didalamnya, jika kita fokus pada 1 ilmu, lalu bagaimana adab kita memperlakukan ilmu yang lain? dengan cukup membacanya saja, atau tidak perlu dibaca (abaikan saja).




Jika memilih 1 ilmu yang kita benar2 ingin kuasai, apakah mungkin sifatnya lebih pada peningkatan kualitas diri didalam minat bakat dan potensi bukan mba?



misalnya : yang sukanya jahit ya fokus belajar menjahit tidak perlu belajar masak, yang sukanya masak ya tidak perlu ingin mahir menulis, yang sukanya menulis ya tidak perlu fokus belajar menjahit. Apakah seperti itu maksudnya mba?"


waah sama persis dengan pertanyaan saya sebelumnya di Review NHW Matrikulasi JKT BAtch #2 "Adab Menuntut Ilmu"

dan ini jawaban dari mb Dian selaku Fasilitator :

> Kalau menuruti keinginan kita utk bisa mempelajari semua ilmu, pastinya akan overload informasi. Dalam mempelajari sesuatu memang harus fokus. Sbg ibu yg katanya makhluk multi tasking,  seringkali kita kesulitan utk berhasil mengerjakan tugas jika tdk ada skala prioritas                        
> Cukup pilih 1-2 hal yg mau kita pelajari.  Ketika kita sdh merasa puas menggali ilmu tsb, maka kita bisa memilih ilmu lain yg ingin kita pelajari   
                     
> Prinsipnya kuasai satu ilmu,  lakukan secara konsisten.  Kuasai satu ilmu lagi. Lakukan atau aplikasikan

Kalau kita mau expert di suatu ranah,  kita membutuhkan waktu utk latihan 3000jam😊

WOW 3000 jam hmmmmm
1 hari ada 24 jam, 
3000 jam : 24 jam = 125 hari 
125 hari = -+ 4 bulan
jadi kalau kita mau expert kita harus belajar dan praktik di suatu ranah dalam waktu kurang lebih 4 bulan tanpa tidur tanpa makan tanpa mandi 24 jam non stop ðŸ˜‚😂😂

heheheh jadi simple nya seperti ini, kata mb Poopy "kalau kita alokasikan 1 jam sehari utk menekuni sebuah ilmu berarti butuh kira2 10 tahun ya utk menjadi ahli"
Jadi kalau difikir - fikir kira - kira rencana target nya berapa ya yang akan kita capai untuk menuju 3000 jam? ^^ 2 jam sehari?? 3 jam atau 4 jam?? ^^



Mb Nur Laela "Kata ulama Asy Syatibi  rahimahullah.. ruhnya ilmu adalah amal, jika ada ilmu tanpa amal Maka ilmu tab tdk bermanfaat Dan kosong...klo sering diamalkan nambah ilmu lagi sepertinya ya"


Mb Yola : "benar2 diperlukan ketelatenan & komitmen ya Bunda.."

Mb Dian "ketika kita sudah punya satu ilmu,  amalkan.  Tularkan ke orang lain"

Berikut adalah sedikit ringkasan dari diskusi tadi malam, sebenarnya masih banyak lagi tema yang di bahas ^^

owya, tadi pagi materi pekan ke 2 sudah di posting, yux pindah ke halaman Materi 2 Matrikulasi IIP JKT Batch #2 "Menjadi Ibu Profesional Kebanggan Keluarga"




Related :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar